2 Tanda Kapan Sebaiknya Mengganti Tas Lama untuk Anak Sekolah

Kapan Sebaiknya Mengganti Tas Lama

Sebagai orang tua, mungkin Anda kerap memikirkan kapan sebaiknya mengganti tas lama untuk buah hati Anda. Bagi anak-anak yang duduk di bangku sekolah, tas menjadi barang yang wajib untuk keseharian. Tas seringkali rusak karena aktivitas sekolah yang aktif. Kapan sebaiknya mengganti tas lama merupakan hal yang perlu diketahui, agar benda-benda dalam tas tetap terjaga dengan aman.

Tas bagi anak sekolah adalah wadah yang digunakan untuk membawa keperluan sekolah seperti buku-buku, kotak pensil, baju olahraga, botol minum, kotak makan, uang saku dan sebagainya. Tas memudahkan anak sekolah untuk membawa perlengkapan sekolah dengan mudah. Namun, tas yang sudah tidak layak pakai akan membahayakan benda-benda di dalam tas.

Berbagai model tas, warna dan motif tas sudah banyak tersedia di pasaran. Model tas dapat berupa tas ransel, tas ransel dengan satu tali, tas selempang, tas jinjing dan sebagainya. Warna tas juga menjadi daya tarik yang ditawarkan produsen kepada konsumen. Mulai dari satu warna, dua warna hingga colorful. Motif tas juga banyak variasi mulai dari polos, bergambar, polkadot, garis-garis dan sebagainya.
Pada umumnya, anak sekolah dapat memilih tas sesuai dengan kepribadian mereka. Tidak dapat dipungkiri bahwa tas dapat meningkatkan kepercayaan diri bagi anak. Hal ini juga dapat meningkatkan mood mereka untuk berangkat ke sekolah. Sebaliknya, mereka akan malu untuk berangkat ke sekolah jika mendapati tas mereka sudah tidak layak pakai atau tidak sesuai dengan trend masa kini.

Namun, pertimbangan bagi orang tua untuk mengganti tas, mungkin dapat menjadi beban tambahan. Terutama bagi keluarga yang bermasalah dalam finansial. Membeli tas tidak harus mahal. Belilah tas sekolah yang sesuai dengan kebutuhan anak. Jelaskan hal tersebut kepada anak, agar mereka mengerti. Dua tanda dibawah ini membantu Anda untuk mempertimbangkan secara tepat kapan sebaiknya mengganti tas lama.

Tanda pertama tentang kapan sebaiknya mengganti tas lama

Pertama, perhatikan bentuk fisik dari tas tersebut. Apakah warna tas mulai memudar, banyak robekan, perubahan motif, adanya jamur dan sebagainya. Kedua, cek kondisi tas. Apakah kain tas teraba lebih tipis dari sebelumnya, apakah tali tas masih kuat untuk menyangga keperluan sekolah, serta apakah bagian dasar tas masih teraba keras dan kuat.

Sebagian orang masih tetap menggunakan tas, jika warna tas mulai memudar dan adanya perubahan motif. Kedua tanda tersebut masih tergolong wajar. Namun, tanda-tanda seperti tumbuhnya banyak jamur yang sulit dibersihkan, banyak robekan yang sulit diperbaiki, tali tas yang sudah tidak kuat, serta kain tas yang sudah teraba tipis. Hal-hal tersebut menandakan bahwa Anda perlu untuk mengganti tas lama.

Tanda kedua tentang kapan sebaiknya mengganti tas lama

Disamping perubahan fisik dari tas itu sendiri, beberapa orang memilih untuk mengganti tas mereka dengan alasan lain. Alasan lain tersebut adalah tas mereka tidak sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini juga dialami oleh anak sekolah. Sebagai contoh, barang-barang yang dibawa oleh anak kelas 1 SMP akan lebih banyak dari anak kelas 6 SD.

Seiring dengan naiknya tingkat, anak-anak dituntut untuk membawa banyak perlengkapan sekolah untuk menunjang pembelajaran. Buku-buku sekolah dapat bertambah banyak, membawa sepatu olahraga, tambahan alat tulis seperti jangka, busur dan sebagainya. Tas lama mungkin memiliki ukuran yang kecil, sehingga tidak cukup untuk menampung keperluan sekolah tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *